SEJARAH

Bertitik tolak pada sejarah berdirinya SMK Negeri 1 Rejotangan tidak dapat dilepas pisahkan dengan berdirinya SMA Negeri 1 Rejotangan yang notabennya sebagai embrio berdirinya SMK Negeri 1 Rejotangan. Secara resmi SMK Negeri 1 Rejotangan berdiri sebagai pengembangan SMT (Sekolah menengah Terpadu) pada tanggal 6 Mei 1992 berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 0216/o/1992 tentang pembukaan dan penegerian sekolah tahun pelajaran 1991/1992.

Pada tahun pelajaran 2003/2004 Dirjen Dikdasmen menunjuk Sekolah Menengah Umum Rejotangan sebagai Rintisan Sekolah Menengah Terpadu di Propinsi Jawa Timur. Berdasarkan SK Dirjen Dikdasmen Departemen Pendidikan Nasional No. 374/C/Kep/MN/2003 tentang Rintisan Sekolah Terpadu member kewenangan kepada Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Rejotangan untuk menyelenggarakan Sekolah Terpadu Dalam satu manajemen.

Pada awal penerimaan  selama 5 tahun mulai tahun pelajaran 2003/2004 sampai dengan tahun pelajaran 2006/2007. Rintisan Sekolah Menengah Terpadu ini hanya ada di 18 provinsi di seluruh indonesia dan di Jawa Timur hanya ada di SMAN 1 Rejotangan.

Dengan berakhirnya Proyek Penyelenggaraan Sekolah Menengah Terpadu (SMT), maka masyarakat rejotangan dan unsur dan unsur pihak SMAN 1 Rejotangan mengusulkan lembaga Sekolah Menengah Terpadu tersebut menjadi SMK Negeri 1 Rejotangan ke Dirjen Dikdasmen, namun pendirian SMK Negeri merupakan kewenangan Pemerintah Daerah (PemKab) yaitu Bupati. Oleh karena itu, pada tahun 2009 terbitlah SK Bupati Tentang Pendirian Lembaga SMK Negeri 1 Rejotangan dengan nomor 188.45/429/031/2009 tertanggal 26 Desember 2009 sebagai awal berdirinya SMK Negeri berdirinya SMK Negeri 1 Rejotangan secara resmi menjadi UPTD baru.

Dengan tetap mengedepankan aspek kehidupan sosial yang tinggi, mengingat keberadaan SMK Negeri 1 Rejotagan secara geografis berdampingan dengan lembaga pendidikan lain berupa SMA Negeri 1 Rejotangan dan SMP Negeri 2 Rejotangan yang berdekatan sehingga perlu dikembangkan tata kehidupan yang saling hormat menghormati, tepo seliro dan menjunjung tinggi kebersamaan guna mencapai visi dan misi sekolah dengan jenjang masing-masing.

Dalam perkembangannya SMK Negeri 1 Rejotangan sudah berbenah diri mulai dari manajemen operasional, manajemen SDM bahkan manajemen adminstrasi untuk mengikuti laju perkembangan IPTEK yang tidak bisa dihindari lagi, sehingga saat ini SMK Negeri 1 Rejotangan selalu mengembangkan program kompetensi keahlian yaitu :

  1. Program Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan.
  2. Program Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor.
  3. Program Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan.
  4. Program Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran.
  5. Program Kompetensi Keahlian Akuntansi.

Dalam kegiatan edukatifnya SMK Negeri 1 Rejotangan selalu menitikberatkan pengusaan skill life yang handal yang dilandasi dengan IMTAQ yang mantap dengan tetapmengedepankan nilai kedisiplinan, kejujuran, tanggung jawab, ketertiban dalam menjalin hubungan dengan DU/DI dalam penguasaan IPTEK yang Global dengan dibekali jati diri yang sejati sebagai ciri generasi Robbani yang dapat diamalkan dalam dunia Usaha dan Dunia Industri saat ini.

Demikian sekelumit mengenai sejarah SMKN 1 Rejotangan.