Roots Day dan Pentas Karya P5BK

Rejotangan, Kemeriahan terlihat di SMKN 1 Rejotangan jumat lalu (8/10). Pasalnya kegiatan puncak Roots Day dan Pentas Karya  Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja (P5BK) yang sudah dilaksanakan beberapa bulana lalu berjalan dengan lancar.  Kegiatan yang dilaksanakan di halaman dan gedung CoE SMKN 1 Rejotangan tersebut berlangsung selama dua hari. Seluruh siswa/i SMKN  1 Rejotangan menghadiri kegiatan tersebut secara bergiliran sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Berdasarkan jadwal tersebut acara dimulai pukul 07.30 WIB sampai pukul 15.30 WIB. Tentunya untuk menjaga protokol kesehatan di masa pandemi covid 19 pihak panitia mengatur jadwal kunjungan dengan apik,  Setiap jamnya terdapat 5 kelas yang berkunjung untuk melihat kegiatan pentas karya tersebut.   

Menurut salah satu guru P5BK, Devi Prastuti Subagyo, S.Pd mapel P5BK ini terdiri dari enam aspek diantaranya, beriman bertakwa kepada Tuhan YME, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis dan kreatif. Pentas karya ini merupakan hasil pengaplikasian dari enam aspek tersebut. “Karya P5BK ini terdiri dari tima macam, yang pertama karya dua dimensi berupa lukisan, poster, atau komik. Yang kedua adalah karya tiga dimensi berupa rumah adat, dan  berbagai macam miniatur. Yang ketiga ada karya “Siapakah Aku?” Karya ini bertujuan agar siswa dapat mengetahui jati diri mereka sendiri selain itu agar siswa dapat merasa bangga dengan karyanya, serta orang lain bisa mengetahui sifat serta karakteristik setiap siswa secara tidak langsung.” Tuturnya.

Dia menambahkan dalam acara tersebut kita dapat melihat batapa kreatifnya siswa/i SMKN 1 Rejotangan. “Dalam acara ini kita bukan cuma menampilkan karya tapi juga bakat Siswa/i SMKN 1 Rejotangan seperti menyanyi, menari, bermain angklung, dll.” Tambahnya.

Kegiatan P5BK ini bertujuan untuk melatih keenam aspek profil pelajar pancasila di atas. Diantaranya nanti siswa dapat meningkatkan kerja sama dalam membuat karya. Kemudian melatih pikiran siswa untuk lebih kreatif juga untuk bernalar kritis dalam pemilihan karya. Dan Harapan kedepan akan dilaksanakan pentas karya secara rutin dengan karya yang lebih bagus lagi.

By: ERNA FITRIANA (X OTKP 3)